Menu Tutup

Ketahui Alur Cara Kerja Bio Septic Tank

Pada pembuatan sebuah toilet, tempat pembuangan sanitasi atau bagian penampungan kotoran manusia harus sesuai dengan syarat Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL. Dan penampungan yang sering atau umum digunakan yakni septic tank konvensional tidak memenuhi standar ini. Sebab septic tank jenis ini menghasilkan air kotor pasca buangan yang dialirkan menuju sumur resapan masih terkandung bakteri berbahaya. Karena hal inilah penggunaan septic tank konvensional dapat menimbulkan pencemaran pada air tanah, sumur, serta sumber air lainnya pada lingkungan.  Bakteri yang terbawa ini akan mencemari lingkungan yang berakibat pada timbulnya bakteri E-Coli yang dapat menyebabkan penyakit diare dan beberapa penyakit lainnya. Selain itu, bakteri yang dibawa oleh kotoran manusia juga memiliki dampak lain seperti merubah warna pada air, bau air, serta zat pada air menjadi berbakteri. Oleh sebab itulah munculah produk bio septic tank, yang dapat anda temukan pada toko jual bio septic tank termurah

Saat anda datang di tempat jual bio septic tank, anda tidak perlu ragu untuk membeli dan menggunakannya di toilet rumah anda. sebab, dengan teknologinya yang sangat modern bio septic tank terbilang 100 x jauh lebih bagus dibandingkan dengan septic tank konvensional. Dengan menggunakan bio septic tank limbah yang dihasilkan akan terurai menjadi cairan lebih bersih, dan apabila dialirkan pada saluran pembuangan akan tetap aman untuk lingkungan. Lebih jelasnya berikut terdapat beberapa langkah cara kerja yang terjadi pada septic tank.

jual bio septic tank termurah
Tahapan filtrasi Bio Septic Tank

Proses filterisasi tahap pertama

Cara kerja dari bio septic tank yang pertama yakni proses filterisasi. Dimana setelah limbah kotoran masuk dalam bio septic tank melalui pipa inlet, limbah kotoran akan di filterisasi menggunakan honeycomb 1. Pada saat anda berada di tempat jual bio septic tank termurah, anda akan dijelaskan mengenai proses filtrasi tahap pertama ini. 

Dimana sebagai tempat proses penyaringan tahap pertama, limbah-limbah yang membawa kandungan suspended solids serta bakteri e-coli akan disaring. Dengan tujuan agar konsentrasi dari bakteri tersebut dapat berkurang.

Proses filterisasi tahap kedua

Anda tidak akan rugi jika menggunakan bio septic tank, sebab tidak hanya melalui satu tahap penyaringan saja namun dua tahap penyaringan. Pada proses penyaringan tahap kedua ini, filterisasi menggunakan media bioball. Media ini akan dilewati air limbah, perlahan limbah akan terlapisi dengan mikro organisme bakteri pengurai. Hingga akhirnya limbah dapat terurai oleh bioball dan akan merubahnya menjadi wujud cair. Tahap ini akan membuat BOD atau Biological Oxygen Demand akan berkurang, sebab telah terfilter oleh bioball.

Proses filterisasi tahap ketiga

proses selanjutnya yakni tahap penyaringan ketiga  yang menggunakan honeycomb. Tahap ketiga ini penyaringannya lebih bersih, sebab limbah cair akan tersaring dengan media honeycomb. Karena limbah diuraikan oleh bakteri, hasilnya menjadi lebih bersih dan tidak menimbulkan bau. Sehingga limbah tersebut menjadi lebih ramah lingkungan.

Proses tahap penjernihan

Tahap akhir dari cara kerja bio septic tank yakni proses penjernihan dengan klorin. Inilah pentingnya anda membeli septic tank di tempat jual bio septic tank termurah. Sebab tidak hanya murah saja, saat anda menggunakanya limbah yang dicairkan dan tersaring akan dijernihkan lagi menggunakan klorin. Dan juga bakteri yang masih terkandung didalamnya akan dibunuh. Sehingga air limbah yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan bersih dari sebelumnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *