bio septic tank

Bio Septic Tank

Dalam membangun rumah, tentu septic tank tidak boleh terlewatkan. Pembuatan septic tank juga harus dipikirkan dengan baik agar nantinya tidak terjadi masalah. Septic tank yang baik harus jauh dari sumber air atau sumur agar tidak mencemari air tanah. Air tanah dapat tercemar jika septic tank tidak dibuat dengan benar. kebanyakan pencemaran air tanah terjadi karena adanya kebocoran dari septic tank konvensional. Ini karena septic tank konvensional dirasa kurang baik. Untuk itu, saat ini masyarakat dianjurkan untuk beralih menggunakan bio septic tank. 

Apa Itu Bio Septic Tank?

Jika dulu masyarakat membuat tangki septik secara konvensional dengan batu bata dan semen untuk menampung kotoran, kini hadir bio septic tank yang lebih ramah lingkungan. Pada dasarnya, bio septic tank memiliki fungsi yang sama dengan tangki septik umumnya yaitu sebagai penampung kotoran. 

Yang membedakan adalah bio septic tank dilengkapi dengan media sel ganda sebagai tempat berkembang biaknya bakteri pengurai. Bakteri pengurai berperan penting untuk mengurai kotoran yang masuk ke dalam septic tank. 

Limbah hasil buangan septic tank biotech juga tidak akan mencemari lingkungan karena telah melalui filtrasi. Sehingga, air limbah yang keluar tidak akan berbau dan bersih. Berbeda dengan tangki konvensional yang meskipun ditambahkan filter sederhana seperti ijuk namun tetap dapat merembes dan mengeluarkan aroma.

Keunggulan Bio Septic Tank

Bagi Anda yang sedang akan membangun rumah terutama di lingkungan padat penduduk, akan lebih baik jika menggunakan tangki septik bio sebagai tangki septik Anda. Tangki bio septik ini memiliki berbagai macam keunggulan yang tidak dimiliki oleh tangki septik konvensional.

Bio septic tank merupakan tangki yang ramah lingkungan. Karena, limbah yang keluar dari tangki septik bio ini aman bagi lingkungan. Limbah tidak akan meresap ke dalam tanah serta hasil buangan tidak berbau dan bersih karena telah disaring dan dipisahkan melalui teknologi filtrasi. 

Keunggulan tangki septik bio lainnya adalah lebih hemat perawatan dan tahan lama. Bio septic tank terbuat dari material fiberglass sehingga sangat tahan lama. Selain itu, bio septic tankdibuat dengan teknologi tahan bocor sehingga dipastikan akan awet. Untuk perawatan tangki ini juga tidak sulit dan tidak memakan biaya. 

Pada dasarnya tangki septik bio dibuat dengan teknologi terkini dengan tiga filter dan tempat pengurai bakteri, sehingga sudah cukup aman dan tidak memerlukan perawatan khusus. Perawatan yang bisa Anda lakukan hanyalah sebatas perawatan sederhana berupa penambahan bakteri pengurai. 

Penambahan bakteri pengurai bisa dilakukan dengan menyiramkan bakteri ke dalam kloset setahun sekali.  Bakteri pengurai tersedia di pasaran dalam bentuk kapsul dan cair. Selain itu, jika Anda menggunakan tangki septik bio sebaiknya kurangi penggunaan cairan pembersih karena dapat membunuh bakteri pengurai. 

Cara Kerja Bio Septic Tank

Tata kerja tangki bio septik cukup modern. Jadi, setiap tangki bio septic akan memiliki 3 filter. Filter pertama akan memisahkan limbah padat dan cair. Jadi, kotoran yang masuk ke dalam kloset akan masuk ke dalam tangki septik bio dan dipisahkan secara sempurna. Kotoran padat akan langsung mengendap dengan baik. 

Selanjutnya, kotoran cair akan diolah kembali di dalam bio septic tank. Di dalam tangki bio septic ini terdapat bio ball atau bola – bola yang akan menyaring air sehingga air limbah yang keluar nantinya akan jernih dan tidak berbau.

Dan yang terakhir adalah filter bakteri pengurai dalam bio septic tankakan menjalankan tugasnya. Filter bakteri pengurai akan mengurai kotoran agar tidak mencemari lingkungan nantinya. Oleh sebab itu, bakteri pengurai sebaiknya jangan sampai habis. Penambahan bakteri konsentrat setahun sekali sudah cukup untuk mempertahankan jumlah bakteri pada tangki septik bio.

Cara Instalasi Tangki Septik Biofilter

Instalasi atau  cara memasang bio septic tank tidaklah sulit. Setelah Anda menentukan dimana akan membuat tangki septik., selanjutnya buatlah lubang sesuai dengan ukuran tangki bio septik yang Anda pilih. Untuk ukuran , tersedia berbagai macam ukuran tangki bio septik Untuk ukuran perumahan dan kos – kosan bisa menggunakan tangki biofilter dengan kapasitas 500 hingga 800 liter. Sedangkan perkantoran dan gedung pelayanan publik bisa menggunakan tangki berkapasitas 1000 hingga 2000 liter.

Jika sudah membuat tanah galian, isi lubang dengan pasir setinggi 10 cm. Masukkan tangki septik bio ke dalam lubang galian. Sebelum memasang tangki septik bio pastikan lubang galian telah disesuaikan dengan pipa WC. Cara pemasangan bio septic tank cukup mudah. Setelah septic tank dipasang dengan posisi yang benar (sesuaikan juga dengan air muka tanah) selanjutnya pasang pipa inlet dan outletnya. 

Setelah itu, isi septik tank bio dengan air hingga seperempat tangki. Selanjutnya tutup lubang galian dengan tanah hingga menutup seperempat tangki. Lanjutkan pengisian air hingga setengah tangki lalu tutup lagi dengan tanah hingga setengah. Lanjutkan terus sampai semua permukaan tangki tertutup. Terakhir tutup dengan pipa untuk ventilasi udara. Tutup juga dengan cor beton agar lebih aman.

bio septic tank
Tangki Septik Biofilter 6000L Use Fiberglass.

Saatnya Beralih ke Tangki Septik Biofilter

Itulah tadi beberapa keunggulan, cara kerja hingga pemasangan tangki septik biofilter. Jika dilihat dari nilai praktis tentu tangki septik bio memiliki nilai lebih. Juga untuk segi kesehatan tangki ini lebih unggul dibanding dengan tangki konvensional dimana pencemaran lingkungan rawan terjadi.

Tangki bio septic juga dinilai lebih mudah dalam hal perawatan. Kira – kira Anda hanya memerlukan 50 ribu rupiah per tahun untuk biaya perawatan sederhana berupa pemberian bakteri konsentrat. Untuk ukuran juga tersedia berbagai macam ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah dari segi harga. Sebagai informasi, tangki septik biofilter harga jualnya tidaklah mahal jika dibandingkan dengan fungsi dan daya tahannya. Bio septic tank dibanderol dengan harga 1,5 juta hingga 6 jutaan rupiah saja tergantung kapasitas. Semakin besar kapasitas tangki tentu semakin mahal harganya. 

Namun jika Anda membeli septic tank biotech harga 2 jutaan saja, Anda sudah bisa berhemat lebih dari itu untuk perawatan septic tank nantinya. Normalnya, tangki septik biofilter tidak perlu dikuras karena memiliki teknologi filtrasi yang tinggi. Tentunya lingkungan tempat tinggal Anda akan lebih sehat. 

Juga, daya tahan bio septic tank sangat baik karena terbuat dari fiber sehingga sangat kuat dan anti bocor sehingga biaya renovasi tidak diperlukan lagi. Berbeda jika Anda menggunakan septic tank konvensional. Jika dibandingkan dengan segudang manfaat yang didapat tentu memilih tangki septik bio merupakan pilihan bijak. Bahkan kini pemerintah juga menyarankan penggunaan bio septic tank terutama di lingkungan padat penduduk. Selain hemat juga ramah lingkungan dan lebih sehat. Jika anda berminat mendapatkan produk dengan kaya manfaat ini, segera hubungi tim marketing kami Use Fiberglass. Dapatkan segera informasi lebih lanjut dan penawaran harga yang menarik untuk anda. Jangan lewatkan, semoga bermanfaat!

bio septic tank
Bio Septic Tank Workshop Use Fiberglass.